Opini Kader: Prihatin dengan Kasus Kekerasan Seksual di Indonesia

Emmy Yuniarti Rusadi
*) dokumen pribadi


Emmy Yuniarti Rusadi, pengurus KOHATI Cabang Bulaksumur periode 2012-2013 ini merasa prihatin melihat pemberitaan tentang kasus kekerasan seksual yang semakin hari semakin di luar nalar sehat; jumlah korban, perlakuan pelaku terhadap korban, hingga respon yang minim untuk mengatasi kasus-kasus ini. Terlebih menurut Emmy, kasus kekerasan seksual semakin diberitakan massal justru baik. Sebab semakin banyak kejadian yang terungkap, harus mampu menjadikan peningkatan kesadaran bangsa ini untuk memperbaiki sendi sosial, moral, dan serta aspek praktek hukum yang diperkuat. 

Mengenai hukuman kebiri bagi pelaku kekerasan seksual, Emmy merasa hukuman kebiri tidak cukup untuk menjadi solusi bagi penyelesaian kekerasan seksual di Indonesia. Dari aspek hukuman sedapat mungkin hukuman mati bagi pelaku pelecehan seksual sadis diberlakukan kepada seluruh pelaku dari seluruh kelas. Sementara cara preventif untuk mencegah kekerasan seksual terjadi lagi tidak boleh dilupakan. Bagi Emmy, aspek keamanan internet untuk anak muda usia puber dan dewasa perlu diperketat. Kurikulum untuk pendidikan seks perlu diperbaiki dan disosialisasikan dengan cara yang tidak membuat orang tua dan anak merasa tabu. 

Budaya tegur sapa antar masyarakat terutama di perkotaan harus ditingkatkan. Jadi perkembangan psikis warganya juga sehat.

Komentar