Berita Kader: How To Be A Super Wife (Tips)

Catatan Kajian Bidang Pemberdayaan Perempuan Komsat Fisipol UGM

Part 1 How To Be A Super Wife
Dalam hadist dikatakan bahwa lihatlah jodohmu berdasar 4 perkara:

1. Kecantikan/ketampanan

2. Harta

3. Keturunan

4. Agama - paling penting & mendasar.

Jika agamanya baik, insyaAllah ketiga faktor yang lain akan terpenuhi


Jodoh itu sudah diatur oleh Allah, tetapi tetap harus diikhtiarkan. Ikhtiar bisa dengan cara terus memperbaiki diri, menjalin relasi dengan banyak orang, dll.

Wanita berkarir boleh, itu pilihan. Tapi tetap harus ingat tanggung jawabnya sebagai isteri dari suaminya & sebagai ibu untuk anak-anaknya. Harus ada ridho dari suami. Harus ada pula kerjasama saling bantu dalam urusan rumah tangga.

Untuk wanita yang memilih berkarir, pilih calon suami yang juga punya visi misi & pemikiran yang sama. Pilih suami yang mendukung. Kalau perlu, buat kesepakatan pra nikah dengan calon suami.

.langkah2 memilih calon suami/isteri yang benar menurut Islam

1.Ta'aruf (saling mengenal), saat ta'aruf harus ada muhrim. Ta'aruf ini penting utk klarifikasi hal2 yang tidak diketahui

2.Kalau dari ta'aruf cocok, lanjut khitbah (lamaran)

3.Istiqoroh, apakah akan menerima lamaran / tidak. Istiqoroh sebaiknya dilakukan pula oleh orang tua si perempuan agar hasil yang didapat lebih objektif. Restu orang tua penting.

4.kalau sudah mantap, lanjut menikah

Part 2: how to be a super mom

Disiapkan dari sekarang, kita mau jadi ibu seperti apa, mau membentuk keluarga seperti apa

Beberapa kunci penting untuk menjadi ibu yang baik

1. Ilmu

Ibu adalah madrasah pertama bagi anak-anaknya. Jadi harus terus belajar, supaya bisa menjadi pendidik yang baik untuk anak-anaknya kelak.

Didik anak sesuai jamannya. Jadi besok jadi ibu jangan gaptek. Harus bisa menyesuaikan diri dgn zaman anak.

2. Akhlak

Ibu adalah role model bagi anak-anaknya kelak. Penting untuk mulai memperbaiki akhlak & perilaku dari sekarang, agar besok anak-anak kita bisa mendapat contoh yang baik.

Anak adalah representasi dari orang tuanya di masa lalau. Kalau akhlak kita baik, insyaAllah anak-anak kita besok juga berakhlak baik.

3. Prestasi

Trus mengejar prestasi, contoh: ip harus bagus. Sebagai sarana mendidik & memberi contoh anak di masa depan. Ip penting, sebagai wujud tg jawab thdp diri sendiri maupun orang tua.

Kalau ip kita jelek, prestasi selama sekolah jelek, bagaimana bisa mendidik anak untuk belajar sungguh-sungguh?

4. Agama

Agama adalah hal yang paling penting. Fiqih wanita, pelajari dari sekarang, mulai hal kecil sampai hal besar. Belajar Al Qur'an itu wajib.

Cth sederhana: ibu yang harusnya mengajarkan Al-fatihah pada anaknya, agar pahalanya mengalir terus kepada kita sepanjang masa. al-fatihah dibaca setiap hari minimal 17x (sholat 5 waktu). Jangan sampai justru orang lain yang mengajarkan al-fatihah pada anak-anak kita.

Komentar