Berita Kader: Make Up and Good Manners




oleh Jayantika Soviani
Kabid Pemberdayaan Perempuan HMI Komisariat IB UGM

“Allah itu Maha Indah dan mencintai keindahan”

Dalam rangka memperingati Women’s day yang jatuh pada tanggal 8 Maret, Korps HMI-wati (KOHATI) HMI Cabang Bulaksumur melakukan kegiatan Make Up Class. Kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 9 Maret 2016 ini merupakan bentuk pelatihan mandiri bagi wanita, khususnya para KOHATI. 

Melangkah sedikit, kecantikan adalah hal mutlak yang dimiliki semua wanita. Beberapa orang mengatakan kecantikan digolongkan menjadi dua, yakni kecantikan yang berasal dari dalam dan kecantikan yang berasal dari luar. Kecantikan dari dalam atau yang sering kita sebut inner beauty dapat terlihat dari kadar ketakwaan seorang hamba kepada Allah SWT. Semakin bertambah ketakwaan hamba tersebut, maka semakin terpancar aura kecantikan dirinya. Sedangkan kecantikan dari luar dapat dilihat dari bagaimana para wanita berpenampilan dalam kehidupan sehari-hari.

Penampilan menjadi sangat penting mengingat kehidupan kita menyangkut banyak aspek dan melibatkan banyak pihak. Salah satu aspek yang tidak bisa lepas dari kecantikan ini adalah aspek kesopanan. Dewasa ini, kesopanan terlihat sedikit luntur dari jiwa para generasi muda. Mereka sering acuh dengan sekeliling mereka. Misalnya mulai hilang budaya untuk bertegur sapa ketika bertemu. Pada lain keadaan, kesopanan sangat erat kaitannya dengan penghargaan. 

Make Up adalah salah satu cara untuk menghargai orang lain. Misalnya saja ketika kita mendatangi sebuah hajatan pernikahan dan sebagainya. Penggunaan make up menjadi sangat penting dilakukan untuk menghormati sang empunya acara. Atau bagi para mahasiswa, tentunya mereka ingin segera lulus dan merayakan sebuah perhelatan bernama wisuda. Tak bisa dipungkiri, dari jiwa setiap wanita pasti muncul keinginan tampil cantik. Mereka tak ingin “mempermalukan diri” di depan khalayak ramai. 

Bagi sebagian mereka yang kurang ahli dalam ber-make-up, digunakan jasa make-up dari luar, namun tak sedikit dari mereka yang sudah expert dalam bidang ini. Hal ini mungkin karena ia sudah terlatih sejak awal dalam ber make up. Untuk itu, pelatihan make up ini diharapkan dapat menjadi langkah awal bagi para wanita untuk menjunjung tinggi kesopanan dan menghargai orang lain. Hal ini akan sangat berguna bagi kehidupan yang akan datang, baik dalam keluarga, kelompok kerja maupun masyarakat pada umumnya.

suasana saat workshop


selfie bareng seluruh peserta dan make up artistnya

Komentar